Selasa, 29 Desember 2015

Kesamaan Visi Misi Keluarga


Mempunyai keluarga yang skinah ma waddah warahmah merupakan dambaan setiap pasangan suami istri. Skinah mengandung arti tentram, sedangkan ma waddah mengandung arti cinta, harapan, dan wa rahmah yang artinya dan kasih sayang. Tujuan merajut keluarga adalah menuju keRidhoaan Nya mendapatkan teman untuk menggapai perjuangan ke Surga Nya. Kesamaan visi misi haruslah bisa sejalan sehingga jika ada permasalahan dalam keluarga nantinya tidak menjadikan suatu hambatan yang besar. Istilahnya adalah dalam memilih pasangan hendaknya sekufu. Maksudnya adalah sama pandangan dan tujuan dalam hidup. Dalam hal ini tidaklah menonjolkan perbedaan usia, pekerjaan, jabatan dan segala rentetannya yang berbau dunia. Tetapi yang menjadi intinya adalah persamaan "KEYAKINAN".
Dalam kehidupan sekarang yang semakin pesatnya perkembangan dan gaya hidup kadang kala bisa melenakan manusia, tanpa dilandasi keimanan dan ketaqwaan maka bisa memicu percecokaan dalam keluarga. Contoh : seorang suami bisa melakukan korupsi karena tuntutan istri. Disini apabila suami tidak mempunyai benten agama yang Tangguh maka bisa jadi keluarga tersebut akan jauh terperosok dari ajaran agama.  Atau besarnya rasa cemburu dan kurangnya kepercayaan antar pasangan menjadikan perceraian dan timbulnya fitnah yang membabi buta dengan orang disekitar.

Suami Istri ibarat sebuah pakaian yang saling melengkapi dan berjalan beriringan. Sehingga disini antara suami istri harus berjalan beriringan, saling mengingatkan, dan saling memahami kelemahan dan kelebihan diantara pasangan. Besar kecilnya masalah yang muncul dalam keluarga tergantung bagaiman pasangan tersebut menyikapinya.

Allah menegaskan:
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (Q.S Ar-Ruum [30] :21)

 Banyaknya permasalahan yang ada di sekitar kita menjadi pembelajaran tersendiri agar kita selalu belajar dan bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian.

#Asiha@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar